SEMANGAT

Janganlah Pernah Berputus Asa dan Selalu Bersemangat Dalam Hal Apapun

Senin, 05 September 2011

Menjadikan File JAR Menjadi EXE (agar bisa diinstal di laptop)

Merubah Jar Ke Exe dan Membuat File Exe – kelemahan java adalah,hasil generete dari software ava editor semacam Jcreator, GEL dan lain sebagainya. Merubah jar ke exe dan membuat file exe Sebenarnya, ekstensi *.jar hasil eksekusi java juga bisa dijalankan di windows, namun sepertinya kurang terasa eksklusive jika aplikasi yang bisa dieksekusi pada platform windowws tidak berekstensi *.exe. Oleh sebab itu, saya akan memberikan sedikit  dari hasil eksekusi java.
Jika kita bertanya dengan sang maestro internet yaitu Google, disana saya pastikan ada banyak aplikasi yang mampu mengubah *.jar ke exe, semisal Exe4j, J2exe, Launch4j, dan lain lain. Namun pada tutorial java kali ini saya akan menggunakan Launch4j, karena menurut saya, lebih lengkap dan lebih detail dalam pilihan optionnya.
Sebelumnya, buka terlebih dahulu Launch4j yang anda miliki, dan anda pasti akan menemui banyak option yang mungkin bisa membingungkan anda. Karena itu saya akan menjelaskan sedikit detail dari option yang ada.
Output file : kita isi dengan destinasi dimana file exe yang kita buat nanti disimpan.
  • Jar : kita isi dengan destinasi dimana file jar yang kita miliki kita simpan.
  • Icon : kita isi dengan destinasi alamat file yang berekstensi *.ico, yang nanti akan kita gunakan sebagai icon aplikasi kita yang berekstensi *.exe
  • Option : Centang pilihan “Custom process and XP style manifest” untuk merubah nama process ketika aplikasi dijalankan, sehingga metode processnya mengikuti windows yang kita miliki.
Pada tab header saya sarankan untuk memilih jenis interface “GUI”, namun jika anda memilih “Console” juga tidak apa – apa, yang membedakan adalah jika anda memilih “Console”, maka interface *.exe milik anda nanti akan dipanggil dari windows command prompt.


Kemudian melangkah pada tab Single Instance, dan centang optiaon “Allow only a single of the aplication”, option ini digunakan untuk membatasi aplikasi anda akan bisa terbuka 1 kali, maksudnya jika anda sudah membuka file *.exe anda, maka anda tidak lagi bisa membuka aplikasi *.exe anda.

Kemudian melangkah pada tab JRE, disana ada sedikit konfigurasi yang harus anda isi, yaitu field “Min JRE version”. Pada tab ini anda harus memasukkan versi minimal dari JRE yang bisa digunakan untuk aplikasi anda. Untuk filed “Initial heap size”, anda bisa mengisikan dengan jumlah yang lebih sedikit dibanding standart memori yang dibutuhkan oleh standart GUI. Untuk mengetahuinya, anda bisa kembali pada java editor anda, dalam hal ini saya menggunakan neatbean.

Kemudian melangkah pada tab “Version Info”, tab ini digunakan untuk memberikan informasi tentang aplikasi anda. Isilah berdasarkan field yang sudah tertera. Cukup detail dan bisa memberikan informasi yang jelas untuk aplikasi anda. Jika sudah terisi semua fieldnya, ini saat nya kita meng-eksekusi dan menghasilkan aplikasi *.exe kita yang berbasis java. Mungkin hanya sampai disini membuat file exe dan merubah jar ke exe.  


SEKIAN DULU SEMOGA BISA MEMBANTU....



1 komentar:

Unknown mengatakan...

setelah saya jadikan jar menjadi exe . file tersebut tidak dapat berjalan tanpa menginstal JDK terlebih dahulu . .
jika tanpa menginstal JDK bagaimana gan . . .?

thanks . . .

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Reviews